Jumat, 28 Oktober 2016

Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini

Written by

Penyakit stroke memang termasuk kategori penyakit yang mematikan dan salah satu paling populer di Indonesia saat ini, bahkan jutaan jiwa yang di renggut oleh penyakit ini setiap tahunnya. Maka dari itu sangat penting untuk kita mengnali gejala stroke sejak dini. Dengan mengenali gejala stroke sejak dini, kita dapat malakukan penanganan sejak dini juga, dan tentu dapat mengurangi resiko dari penyakit stroke bahkan dapat sembuh tanpa merasakan penyakit mematikan tersebut.


Stroke dapat terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke merupakan penyakit yang memasuki urutan lima besar yang beresiko kematian di dunia. Sangat menakutkan jika kita lihat dari tingkat kematian akibat penyakit stroke, namun kita bisa mencegah atau melakukan penanganan dengan mengenali gejala-gejala stroke sejak dini. Apa saja yang harus kita ketahui mengenai gejala awal penyakit stroke ? Berikut kami informasikan beberapa gejala awal penyakit stroke :
  • Pandangan menjadi kabur
    Stroke dapat membuat pandangan mata penderita menjadi kabur atau bahkan hilang. Namun, gejala stroke yang satu ini sering diabaikan oleh banyak penderita stroke serta tidak menganggap hal tersebut sebagai indikasi stroke.
  • Sulit dimengerti bahasa yang diucapkan
    Hal seperti ini dapat terjadi dan disebut juga sebagai gangguan bahasa atau afasia disorder. Penderita stroke seringkali menggunakan bahasa yang sulit dipahami oleh pendengarnya atau menggunakan bahasa yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. 
  • Sakit kepala
    Sakit kepala yang secara tiba-tiba menyerang dan sangat menyakitkan. Jangan anggap sakit kepala tersebut hanyalah sakit kepala biasa, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala stroke. 
  • Hilang keseimbangan
    Jika merasa pusing, mual, serta sulit berjalan, kebanyakan orang mungkin berpikir sedang dalam keadaan mabuk. Namun pusing yang terjadi tiba-tiba itu sebenarnya adalah salah satu indikasi gejala stroke. 
  • Lengan atau kaki menjadi lemas
    Hal ini merupakan salah satu gejala stroke yang ditandai dengan lengan ataupun kaki tiba-tiba merasa lemas dan mati rasa. Cobalah untuk mengangkat kedua tangan secara sejajar dengan posisi telapak tangan Anda menghadap ke atas selama kurang lebih 10 detik. Apabila salah satu lengan Anda terjatuh, bisa jadi otot tersebut mengalami pelemahan yang merupakan salah satu gejala stroke. Untuk memperkuat otot lengan Anda, Anda dapat melakukan push up.
  • Nyeri
    Gejala stroke yang satu ini pada dasarnya bukan gejala yang selalu muncul pada penderita stroke. Namun, Anda harus waspada apabila nyeri muncul pada bagian lengan, kaki, ataupun setengah bagian dada atau wajah. 
  • Kelelahan
    Meski sedang tidak melakukan aktivitas berat, kelelahan dapat terjadi. Hal ini karena penderita stroke menunjukkan gejala lelah yang berlebihan serta perubahan mental.
  • Ekspresi wajah
    Ekspresi wajah yang mengalami pelemahan dapat menandakan salah satu gejala stroke. Biasanya ahli medis meminta pasienya untuk tersenyum sambil menunjukkan gigi. Apabila tidak ada gerakan, artinya terkena stroke. 
  • Kehabisan nafas
    Sulit bernapas meski tidak sedang berlari ataupun sedang melakukan aktivitas fisik? Jika iya, bisa jadi hal tersebut menjadi gejala stroke yang harus diwaspadai. 
  • Sulit berhitung
    Penderita stroke tidak dapat berpikir secara logika serta susah dalam mengurutkan angka. Hal ini dapat membuat penderita stroke sulit dalam berhitung walaupun dari hitungan yang sederhana saja.
Itulah beberapa gejala awal dari penyakit stroke yang patut kita ketahui karena dengan mengenali gejala stroke sejak dini, dapat mengurangi resiko yang lebih parah akibat stroke.


Tidak ada komentar: